Pengertian Organisasi

Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama, organisasi ada yang formal dan informal. Jadi organisasi akan terbentuk dari perkumpulan manusia yang memilaki tujuan bersama untuk mendapatkan sesuatu. Organissasi terdiri atas atas 2 bagian yaitu formal dan informal.

Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang terikat oleh suatu tujuan bersama dengan hubungan kerja yang rasional. Contohnya antara lain : PT, Koperasi, dan lain sebagainya. Sedangkan Organisasi Informal adalah hubungan pribadi dalam organisasi yang mempengaruhi putusan di dalam organisasi tersebut tetapi ditiadakan dari skema formal dan tidak panggah dengan struktur formal organisasi. Contohnya antara lain : arisan ibu-ibu, perkumpulan mahasiswa , dan lain sebagainya.

Unsur-unsur organisasi :

o Manusia
o Peralatan
o Kerjasama
o Tujuan bersama
o Kekayaan alam

Jadi dalam pembentukan suatu organisasi kita memerlukan manusia, kerjasama, kekayaan alam, dll.  Jika beberapa diantaranya tidak ada maka suatu organisasi tidak bisa dibentuk. Manusia untuk menjalankan fungsi-fungsi yang telah dibentuk, kerjasama diperlukan agar suatu organisasi yang telah dibentuk bisa mencapai tujuannya dengan mudah, sedangkan kekayaan alam digunakan sebagai modal.

Bentuk-bentuk organisasi :

1. Organisasi Niaga
2. Organisasi Social
3. Organisasi regional dan international

Jadi organisasi dibagi menjadi beberapa bagian menurut bidangnya, yaitu organisasi niaga yang bergerak di bidang perdagangan. Contohnya Perseroan Terbatas (PT)‏, Perseroan Komanditer (CV)‏, Firma (FA)‏, Koperasi, Join Ventura, dll.  Organisasi sosial yang bergerak dibidang sosial masyarakat. Contohnya organisasi keagamaan, organisasi pemuda, dan lain-lain. Organisasi Regional & International yaitu organisasi yang meliputi beberapa Negara,. Contohnya APEC, OPEC, dll.

Fungsi-Fungsi Organisasi :

* Fungsi Garis

Disini organisasi masih tergolong sederhana,karena organisasinya masih kecil dan anggotanya juga sedikit. Pada fungsi ini kepemimpinan sangat terjamin karena terletak pada satu tangan. Dalam proses pengambilan keputusan juga cepat krena pimpinan berhadapan langsung dengan bawahan. Namun pada fungsi garis ini juga terdapat kelemahannya yaitu organisasi hanya tergantung pada satu orang,dan jika dia tidak bias menyelesaikan tugasnya maka organisasi tersebut akan hancur.

* Fungsi Garis Dan Staf

Biasanya dipakai oleh organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam dan jumlah karyawannya banyak. . Staf yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu, tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang kepada pejabat pimpinan. Terdapatnya pembagian tugas antara pimpinan dengan pelaksana sebagai akibat adaya staf ahli akan mempermudah penyelesaian pekerjaan.

* Fungsi Fungsional

Organisasi yang disusun atas dasar yang harus dilaksanakan. Organisasi ini dipakai pada perusahaan yang pembagian tugasnya dapat dibedakan dengan jelas.

Dikutip dari blog  Febriyanti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s