Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan dari satu pihak kepada pihak lain agar saling mempengaruhi keduanya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. Melalui komunikasi, sikap dan perasaan seseorang atau sekelompok orang dapat dipahami oleh pihak lain.
Secara umum setiap manusia yang hidup dalam masyarakat, akan terlibat dengan yang namanya komunikasi. Hal tersebut terjadi karena manusia pasti berhubungan secara social.dapat dikatakan komunikasi apabila ada dua oramg atau lebih saling berbicara atau menyampaikan informasi,.. Pengertian komunikasi dapat diartikan sebagai proses penyampaian suatu pernyataan oleh seseorang kepada orang lain. Dan jelas bahwa komunikasi melibatkan sejumlah orang, Karena itu, komunikasi yang dimaksudkan di sini adalah komunikasi manusia atau dalam bahasa.
Komunikasi dapat dilakukan ada secara lisan, secara tatap muka, atau melalui media, baik media massa seperti surat kabar, radio, televisi, atau film, maupun media nonmassa, misalnya surat, telepon, papan pengumuman, poster, spandoek, dan sebagainya.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat berpengaruh terhadap dunia pendidikan. Dengan adanya kemajuan teknologi proses belajar mengajar tidak sulit lagi untuk dilakukan. Dengan adanya media-media komunikasi yang modern para siswa tidak akan kesusahan lagi dalam memperoleh informasi yang mereka butuhkan dalam proses pembelajaran.
Media komunikasi yang banyak digunakan dalam dunia pendidikan diantaranya : telepon, komputer, internet, e-mail, televise dan lain sebagainya.
Beberapa contoh pemanfaatan teknologi dinformasi dan komunikasi itu antara lain sebagai berikut :

1. Adanya Internet
Dengan adanya internet,maka proses belajar mengajar akan menjadi lebih mudah. Dalam segi biaya pengadaan internet lebih murah dibandingkan dengan pengadaan buku. Selain itu guru maupun murid tidak hanya terpaku pada satu sumber yang telah dimilikinya. Dengan adanya internet para murid bisa memperoleh informasi dengan mudah dan cepat.
Melalui internet murid juga bisa mengapresiasikan kemampuan yang mereka miliki. Contohnya,jika seorang murid membuat blog,kemudian dia mempunyai bakat menulis namun belum siap untuk dipasrkan maka mereka bisa mempublikasikan lewat blog yang telah mereka buat. Dan lewat blog mereka juga bisa bertukar pikiran.
Jadi walaupun kita tidak berada disekolahan,namun proses belajar tetap bisa berjalan melalui internet. Oleh karena itu internet sangat bermanfaat bagi dunia pendidikan.
2. Pengadaan E-Learning
E-learning merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa tatap muka atau pembelajaran jarak jauh yang memanfaatkan komputer dan internet. Dengan adanya e-learning ini maka siswa tidak perlu datang ke sekolah untuk belajar dan melengkapi tugas mereka,mereka cukup melakukannya dari rumah mereka masing-masing. Hal ini sangat menguntungkan baik bagi pelajar maupun pengajar. Karena pada waktu-waktu tertentu mereka tidak bisa datang ke kelas untuk melakukan proses belajar-mengajar,maka mereka cukup melakukannya dari tempat mereka berada. Semua ini menjadikan pendidikan lebih efektif dan fleksibel.
3. E-Book
E-book yaitu web yang berisi tenteng kumpulan materi pembelajaran. E-book sangat efektif dan efisien digunakan dalam dunia pendidikan. Para siswa dapat mendownload materi yang mereka butuhkan tanpa mengeluarkan biaya yang banyak.
4. Pembelajara melalui Televisi
Televisi juga merupakan media komunikasi yang digunakan dalam dunia pendidikan. Masyarakat umum bisa mempelajri hal-hal yang ditayang di televisi. Televise selain menayangkan acara hibura juga menyuguhkan tayangan yang menambah wawasan kita tentang ilmu umum,dan tidak tertutup kemungkinan tentang ilmu khusus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s